OPO EMPUNG WANANATAS
SALAM SEJAHTRA
I YAYAT U SANTI.
OPO EMPUNG WANANATAS ADALAH PUSAT SEGALA KEHIDUPAN DAN BERSUMBER DARI SEGALA SESUATU MENERANGI DAN MEMBERIKAN PETUNJUK DI DALAM KEHIDUPAN
MANUSIA DI TENGAH ALAM SEMESTA
DI DALAM ALKITAB FIRMAN TUHAN.
KEJADIAN I : 14 - 15. (Firman Tuhan)
OPO EMPUNG MEMBERIKAN PETUNJUK /TERANG
KEPADA MANUSIA SECARA LANGSUNG MELAUI TANDA-TANDA ALAM (SEPERTI HEWAN, TETUMBUHAN ATAU GEJALA ALAM LAINNYA)
OLEH KARENA ITU ORANG SUKU MINAHASA
SANGAT PERCAYA SEKALI DENGAN ADANYA TANDA-TANDA ALAM SUARA /BUNYI BURUNG, KUCING, SAPI, ATAU SESUATU TETANAMAN ATAU GEJALA ALAM LAINNYA.
SEBAGAI PETUNJUK " OPO EMPUNG " DALAM PEMAHAMAN KEPERCAYAAN RELIGI.
OLEH WALIAN ( PEMIMPIN KEAGAMAAN TUA ).
DI DALAM KEARIFAN KEPIMPINAN MASYARAKAT
OLEH SEORANG TONAAS (PEMIMPIN NEGRI )
DI
DALAM MASYARAKAT PENGOBATAN TETANAMAN ATAU TUMBUH TUMBUHAN DI SEBUT
PENGOBATAN HERBAL YANG BERARTI OBAT-OBAT YANG DI AMBIL DARI
TUMBUH-TUMBUHAN ALAM MINAHASA.
OBAT HERBAL INI BERFUNGSI UNTUK PENGOBATIN SESORANG YANG LAGI MENDERITA
SAKIT, BAIK SAKIT MEDIS MAUPUN SAKIT NON MEDIS (GAIB)- SUPRANATURAL.
MANUSIA BERKAITAN DAN BERHUBUNGAN
DALAM SUATU KESEIMBANGAN KEUTUHAN
HIDUP DENGAN ALAM SEMESTA.
MANUSIA BEKERJA DAN HIDUP MEMLIHARA
DAN MEMANFAATKAN ALAM SEKITARNYA / SEMESTA ALAM.
SALAH SATU SISTIM NILAI DASAR TRADISIONAL
YANG DI JUNJUNG TINGGI YANG MENJADI KAEDAH-KAEDAH MASYARAKAT SUKU MINAHASA YAITU NILAI RELIGIUSNYA.
NILAI RELIGIUSNYA ADALAH KESUCIAN SERTA
KESALEHANNYA , KEJUJURAN, KEADILAN DAN KEBENARANA.
NILAI-NILAI DAN KAEDAH-2 DASAR KEHIDUPAN
MASYARAKAT SUKU MINAHASA DI LESTARIKAN MELALUI NASEHAT/PETUAH DALAM UPACAR-UPACARA YANG DI KENAL DENGAN 5 LETEK.
SALAH SATU SISTIM NILAI DASAR TRADISIONAL
YANG DI JUNJUNG TINGGI YANG MENJADI KAEDAH-KAEDAH MASYARAKAT SUKU MINAHASA YAITU NILAI RELIGIUSNYA.
NILAI RELIGIUSNYA ADALAH KESUCIAN SERTA
KESALEHANNYA , KEJUJURAN, KEADILAN DAN KEBENARANA.
NILAI-NILAI DAN KAEDAH-2 DASAR KEHIDUPAN
MASYARAKAT SUKU MINAHASA DI LESTARIKAN MELALUI NASEHAT/PETUAH DALAM UPACAR-UPACARA YANG DI KENAL DENGAN 5 LETEK.
" 5 LETEK "
LIMA KESETIAAN.
LIMA KESETIAAN.
1. LETEK WIA SI OPO EMPUNG.
( SETIA KE PADA TUHAN YANG MAHA ESA )
2. LETEK WIA TOKTOLAN UM BANUA.
( SETIA PADA SENDI-SENDI ANTARA LAIN
MAPALUS, DAN DIDALAM MASYARAKAT
INDONESIA YAITU SETIA PADA PANCASILA
SETDAN UUD 45.
3. LETEK WIA SE NI MATUA'A WO NUWU TUA
( SETIA PADA LELUHUR DAN PESAN-PESAN
LUHUR PARA LELUHUR )
4. LETEK WIA SI ANAK WI SI AMAK.
( SETIA PADA IBU DAN AYAH )
5. LETEK WIA SI ANTANG UM BANUA, WO SE
KAPALUS.
( SETIA PADA PEMIMPIN/ATASAN, DAN JUGA
TERHDAPA TEMAN KERJA.
TRADISI MEMBUYA DI KALANGAN MASYARAKAT
DI SUKU MINAHASA ADALAH MAPALUS.
MAPALUS MERUPAKAN SUATU SISTIM
KEHIDUPAN MASYARAKAT DI DALAM BERBAGAI
BIDANG KEHIDUPAN, SEBAGAI SUATU HAKEKAT
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK HIDUP YANG SALING KERJA SAMA BERKETUHANAN DAN
TAAT PADA SISTIM NILAI MASYARAKAT.
MANUSIA MEMPUNYAI MAKNA HIDUP DAN KEHIDUPAN BILA MANUSIA BEKERJA KERAS
BERSAM-SAMA DENGAN MANUSIA LAIN.
DAN MENGIKUTI PETUNJUK " OPO EMPUNG "
OLEH KARENA ITU SUATU UNGKAPAN TRADISONAL BERBUNYI " I YAYAT U SANTI "
RONDOR-RONDOREN UM BANUA.
MAPALUS-PALUSAN RUMONDOR UM BANUA
YANG BERARTI.
ANGKATLAH SELURUH PERALATAN DAN PERLENGKAPAN HIDUP.
( I YAYAT U SANTI )
" BANGUN BANGUNLAH NEGRI
( RONDOR-RONREN UM BANUA )
" BEKERJA SAMA ( BERGOTONG ROYONG )
MEMBANGUN NEGERI "
( MAPALUS PALUSAN
RUMONDOR UM BANUA.
KEMULIAN TUHAN DI DALAM PEKERJAAN TANGANNYA.
MAKZUR 19 : 2 - 15.
(2) LANGIT MENCERITAKAN KEMULIAAN ALLAH
DAN CAKRAWALA MEMBERITAHUKAN PEKERJAAN TANGAN-NYA. WAHYU 22 : 21
KEMULIAN TUHAN DI DALAM PEKERJAAN TANGANNYA.
MAKZUR 19 : 2 - 15.
(2) LANGIT MENCERITAKAN KEMULIAAN ALLAH
DAN CAKRAWALA MEMBERITAHUKAN PEKERJAAN TANGAN-NYA. WAHYU 22 : 21
KASIH KARUNIA TUHAN YESUS MENYERTAI
KAMU SEKALIAN. AMIN.
SALAM CINTA KASIH DAMAI DI HATI DAN DAMAI
DI BUMI.
PAKATUAN WO PAKLAWIREN.
SIGI WANGKO
SALAM HORMAT KAMI
KAMU SEKALIAN. AMIN.
SALAM CINTA KASIH DAMAI DI HATI DAN DAMAI
DI BUMI.
PAKATUAN WO PAKLAWIREN.
SIGI WANGKO
SALAM HORMAT KAMI
IBU MAKRINA A SENDOH.
WALIAN/ TONAAS WANGKO UMBANUA